Tempat Wisata Menarik di Turki

Dorico Holiday > Artikel Wisata > Turki > Tempat Wisata Menarik di Turki

Ketahui tempat wisata menarik di Turki sebagai referensi liburan Anda. Mulai dari wisata religi, wisata sejarah dan wisata menarik lainnya. Anda akan dapat menjumpai beberapa banguanan bersejarah dari beberapa era. Salah satu bangunan sejarah yang terkenal adalah Masjid Biru.

Turki merupakan salah satu negara maju yang berada diantara dua benua, yaitu benua Asia dan Eropa. Sebagai salah satu negara yang mewariskan peradaban Islam, sehingga menarik perhatian para arkeolog, arsitektur, sejarawan dunia tertarik untuk mempelajarinya.

Terdapat beberapa keindahan dunia yang terbentang hampir diseluruh wilayah Turki. Sebahagian dari keindahan yang merupakan warisan terdahulu ini telah diakui oleh UNESCO.

Berikut referensi tempat wisata yang ada di Turki yang perlu Anda diketahui

Doriciholiday akan memberikan infromasi tempat wisata menarik di Turki, yang mana dapat dijadikan referensi Anda selama liburan di Turki.

Hagia Sophia & Masjid Biru

masjid sultan ahmed

Hagia Sophia merupakan salah satu situs warisan dunia yang sudah diakui oleh UNESCO pada tahun 1985. Hagia Sophia awalnya merupakan sebuah bangunan megah yang mengalami beberapa kali alih fungsi, mulai dari gereja (325 – 1453 m), masjid (1453 – 1935 m), museum (1935 – 2020 m), dan kini menjadi masjid lagi.

Masjid yang berada di kota Istanbul, Turki ini, kini sejak tanggal 10 Juli 202, Hagia Sophia resmi diubah kembali alih fungsinya menjadi sebuah masjid, yang mana dikenal juga dengan Masjid Biru / Blue Mosque atau dikenal juga dengan nama Masjid Sultan Ahmed. Memiliki 6 menara megah yang menjulang tinggi, menjadi salah satu ciri khas dari masjid ini.

Masjid ini menjadi saksi bisu dari masa kejayaan Ottoman. Direnovasi ulang pada tahun 1609 dan selesai pada tahun 1616, dan dibangun selama pemerintahan Ahmed I. Masjid ini mempunyai halaman yang sangat luas serta Anda juga dapat menjumpai makam Sultan Ahmed dilokasi ini.

Masjid Ulu Cami’i

grand mosque bursa

Masjid Ulu Cami’i atau juga dikenal dengan dengan Grand Mosque, merupakan sebuah bangunan masjid megah dengan memiliki 20 menara. Berada di kota Bursa, Turki dan dianggap masjid terpenting kelima setelah Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah, Masjid Al-Aqsha di Yerusalem dan Masjid Agung Ummayah di Damaskus.

Baca juga  Lezatnya Wisata Kuliner di Medan

Masjid ini dibuka pada tahun 1399, pada awal kekaisaran Ottoman. Dibangun dengan gaya asitektur Seljuk (Arab), dan didukung dengan 20 kubah masjid serta 12 kolam.

Fitur menarik dari masjid ini adalah air mancur yang menjadi tempat wudhu yang luas yang berada dibawa kubah kaca. Setiap dinding dan pilar terdapat 192 kaligrafi yang ditulis oleh 41 seniman yang berbeda. Terdapat juga tirai pintu yang telah berusia berabad abad yang ditampilkan dalam sebuah kubah kaca.

Taman Emigran

Taman Tulip Emigran atau disebut juga dengan Emigran Park, merupakan sebuah taman dengan bunga Tulip yang beraneka warna. Taman Emigran adalah taman urban bersejarah di daerah Siriyer, Istanbul. Taman ini akan semakin semarak ketika waktu musin bunga Tulip mekar, yaitu dibulan April dan Mei. Diwaktu musin tersebut, taman ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatan lokal maupun mancanegara.

Taman Emigran sendiri memiliki luas lebih kurang 100 hektar. Menawarkan beragam jenid flora dan fauna serta berbagai fasilitas lainnya, seperti trek jogging, pavaliun dan danau hias.

Masjid Ayyub Al-Anshari

masjid ayyub al-anshari

Masjid Ayyub Al-Anshari merupakan masjid pertama yang ada di Istanbul, Turki. Mesjid ini menjadi masjid bersejarah dan sakral. Menurut sejarah Masjid Ayyub Al-Anshari ini didirikan oleh Ayyub Al-Anshari pada masa Kesultanan Turki Ottoman, pada masa penaklukan Konstantinopel tahun 1453.

Dalam kompplek masjid ini, kita dapat menjumpai makam Ayyub Al-Anshari serta potongan kayu yang pernah diinjak oleh Rasulullah SAW, atau petilasan tapak kaki Rasulullah SAW yang ditempelkan pada dinding masjid.

Sejarah tentang Abu Ayyub Al-Anshari sendiri aslinya merupakan seorang warga dari Madinah, yang mana pada saat Rasulullah SAW hijrah dari Makkah ke Madinah, rumah Ayyub Al-Anshari adalah rumah pertama yang disinggahi Rasulullah SAW. Dan demi untuk menyebarkan agama Islam, Ayyub Al-Anshari hijrah sampai ke Turki hingga akhir hayatnya.

Balon Air di Cappadocia

Cappadocia adalah wilayah kuno yang terletak di Turki tengah selatan atau tenggara Ankara. Terkenal dengan hamparan batu vulkanik lunak yang terbentuk oleh erosi danri gunung berapi, pada jutaan tahun yang lalu. Atraksi wisata yang paling terkenal di kota ini adalah atraksi balon air. Hampir setiap hari banyak para wisatawan yang melakukan kegiatan balon air ini setiap paginya.

Baca juga  Sabang Ujung Barat Aceh Yang Mempesona

Pengunjung yang menyewa balon udara, dapat menikmati jalannya penerbangan antara 1,5-2 jam. Anda akan dimanjakan dengan indahnya formasi bebatuan yang dijuluki sebagai Fairy Chimneys. Serta melihat keindahan sudut-sudut Kota Cappadocia.

Tempat Berbelanja di Turki

Bagi para wisatawan kata “Berbelanja” menjadi satu hal yang menjadi kewajiban ketika berkunjung kesuatu destinasi wisata, oleh karena itu berikut beberapa tempat yang populer untuk berbelanja di Turki.

Silk Bazaar

Silk Bazaar atau Silk Market merupakan sebuah pasar yang terkenal di Bursa dengan produk tekstilnya yang berkualitas tinggi tetapi menawarkan dengan harga yang relatif ekonomis. Produk unggulan yang ditawarkan di Silk Bazaar ini adalah Sutranya. Anda juga dapat menjumpai beberapa motif menarik lainnya yang berbahan dari sutra ditempat ini.

Grand Bazaar

Grand Bazaar adalah sebuah pasar terbesar yang telah mendunia namanya dan berada di kota Istanbul. Pasar ini juga memiliki luas yang cukup besar dan megah. Pasar yang telah berusia lebih dari 500 tahun ini, menawarkan berbagai macam pernak-pernik yang indah dan merupakan oleh-oleh khas dari Turki. Hargra yang terjangkau dengan kualitas yang baik, sehingga menjadikan Grand Bazaar ini salah satu pasar favorit yang diburu oleh para wisatawan.

Leather Outlet Factory

Leather Outlet Factory merupakan sebuah outlet yang menawarkan berbagai model fashion yang berbahan dari kulit dengan kualitas terbaik yang berada di Kusadasi, Turki. Jika Anda mampir ketempat ini, tak hanya berbelanja saja, Anda juga berkesempatan untuk melihat fashion show yang menyajikan pakaian berbahan kulit yang diperankan oleh model. Anda pun juga bisa berkesempatan untuk mencobanya dengan berjalan di Catwalk bersama model tersebut. Jika Anda berkunjung kemari, ada salah satu yang memproduksi Jaket Kulit terbesar di Turki, yaitu Best Leather & Fur.

Masjid Hijau | Green Mosque

Masjid Hijau atau biasa juga disebut dengan Green Mosque (dalam bahasa inggris) atau orang lokal setempat menyebutnya dengan nama Masjid Yesil Camii, merupakan sebuah bangunan masjid yang terletak di kota Bursa, Turki. Bangunan masjid ini didominasi oleh warna hijau dan toska. Berada diatas sebuah bukit di Bursa. Keindahan interior dari masjid ini diambil dari era Seljuk Turki ke era Utsmaniyah Turki.

Masjid Yesil Camii dibangun pada tahun 1419 hingga tahun 1421 pada masa Sultan Celebi Mahmet. Salah satu hal yang menarik dari masjid ini adalah, denah bangunan masjid yang berbentuk huruf “T” terbalik. Sehingga secara artifisial, membagi ruang sholat didalam masjid ini menjadi 3 bagian, yakni ruang utama disekitar mihrab dan mimbar, kemudian ruang disayap kiri dan ruang disayap kanan.

Baca juga  Pesona Keindahan Danau Toba Dari Sisi Selatan

Didalam komplek masjid Yesil Camii terdapat komplek makam dari Sultan Celebi Mahmet dan keluarganya, didalam sebuah Mouseleum yang lokasinya diseberang jalan Masjid Hijau. Lokasi ini juga ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Istana Topkapi

Istana Topkapi adalah salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Turki. Karena disini kita bisa melihat secara langsung tongkat Nabi Musa As, dan beberapa barang peninggalan Baginda Rasulullah SAW.

Komplek bangunan Istana Topkapi dikelilingi oleh benteng sepanjang 5 Kilometer dengan total luas yang luar biasa, 70 Hektar. Karena luasnya yang luar biasa itu, Istana Topkapi menjadi istana terluas kedua di dunia setelah Istana Versailles di Prancis.

Istana Topkapi terletak diatas bukit, sehingga dari sini wisatawan bisa melihat indahnya pemandangan Selat Bosphorus dan Laut Marmara.

Masjid Isa Bey

Masjid Isa Bey atau dalam bahasa Turki Isabey Camii merupakan yang unik dan menarik , karena dengan mesjid dua kubah dan berada diantara Kuil dan Gereja. Dibangun pada tahun 1374-75 adalah salah satu karya seni arsitektur tertua yang tersisa dari Beyliks Anatolia. Berada dipinggiran bukit Ayaslug, disisi barat Selcuk, Izmir. Berada 300 meter dari reruntuhan Kuil Artemis dan 250 meter dari pintu masuk ke Basilika St, Saint John.

Keunikan dari Masjid Isa Bey ini adalah designnya yang asimetris. Tidak seperti masjid lainnya yang dibangun dengan gaya tradisional. Lokasi jendela, pintu, dan kubahnya tidak seragam. Kubah yang dihiasi oleh pirus dan fayans biru, mengungkapkan karekterestik gaya Ottoman.

Ephesus Kota Kuno Romawi

Ephesus merupakan kota kuno dan salah satu museum outdoor terbesar yang berada didekat Selcuk, Provinsi Izmir, Turki. Pada masa kekaisaran Romawi. Ephesus merupakan salah satu kota terbesar di Mediterania dengan populasi 250.000 diabad pertama sebelum masehi.

Didalam komplek Ephesus ini terdapat bangunan diantaranya Celcus, Grand Theater, Bath of Varius, State Agora, Temple of Domitan, Memmius Monument, Hercules Gate, dan masih banyak lagi bangunan bersejarah lainnya. Selain itu diatas sebuah bukit terdapat House of Virgin Mery, yang dipersacaya sebagai tempat Bunda Maria menghabiskan hari-hari terakhirnya.

Perpustakaan Celcus merupakan objek utama dari Ephesus. Perpusataakn ini dulunya merupakan perpustakaan terbesar ketiga didunia, yang memiliki 12.000 gulungan (bentuk buku zaman dahulu berupa gulungan).