Pesona Keindahan Danau Toba Dari Sisi Selatan

Pesona Keindahan alam dari sisi selatan Danau Toba yang menakjubkan serta bagaikan mutiara yang indah. Pemandangan Danau Toba yang spectakuler sejauh mata memandang. Hamparan jejeran pohon-pohon pinus serta gugusan Bukit Barisan, menambah keindahan yang sulit untuk di gambarkan dengan kata-kata.

Untuk menikmati keindahan Danau Toba tak hanya melalui Parapat dan Pulau Samosir saja. Sisi lain dari selatan Danau Toba juga tak kalah indahnya.

Keindahan alam dari sisi selatan Danau Toba memang belum begitu terekspose, sehingga kurangnya pengetahuan wisatawan akan pesona alam yang luar biasa yang ada di kawasan ini.

Berada di Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Toba dengan kota Balige sebagai ibukota, kawasan selatan ini memiliki destinasi-destinasi wisata unggulan yang indah dan mempesona. Kawasan ini juga sebagai salah satu kawasan Geopark Kaldera Toba. Kabupaten ini juga merupakan salah satu dari 7 Kabupaten yang mengelilingi Danau Toba.

Budaya Batak Toba dari keindahan Pesona Danau Toba

Mayoritas penduduk asli dari Kabupaten Toba adalah suku Batak Toba dengan jumlah penduduk 182.672 jiwa (2018) dan mayoritas beragama Kristen. Di dukung oleh sumber alam dengan keindahan Danau Toba, menjadikan kawasan ini patut untuk Anda kunjungi ketika wisata ke Danau Toba.

Perjalanan untuk mencapai daerah ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bagi Anda yang berada di luar daerah Sumatera Utara, jalur udara adalah pilihan yang tepat untuk melaluinya dari Bandar Udara Silangit yang ada di Siborong-borong.

Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja dari bandara Silangit. Untuk menuju kemari melalui kota Medan, dibutuhkan waktu 6 jam perjalanan darat.

Pesona Keindahan Danau Toba

Selain pesona keindahan alam, wisata budaya dan sejarah akan dapat kita temukan di sini. Situs-situs sejarah dengan cerita legenda dari sebuah kearifan lokal, menambah varian tersendiri ketika berkunjung kemari. Berikut kami rangkumkan beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Toba ini, sebagai berikut :

Kawasan Wisata Geosite Sipinsur

Kawasan Wisata Geosite Sipinsur

Sipinsur merupakan salah satu desa yang paling populer, walaupun lokasinya di luar dari Kabupaten Toba tepatnya di Kabupaten Humbang Hasundutan.tetapi bagi Anda yang datang melalui jalur udara Silangit, lokasi ini sangat mudah untuk di capai.

Kawasan wisata Geosite Sipinsur ini memiliki luas sekitar 2 hektar dengan ketinggian sekitar 1213 mdpl. Dari sini pemandangan Danau Toba jelas terlihat dengan sangat luas dan indah. Di kejahuan terlihat Pulau Samosir yang memanjang di tengah Danau Toba. Sementara itu tepat di bawah lokasi wisata ini terlihat Kota Muara dan Pulau Sibandang.

Huta Ginjang, wisata terbaik menikmati Danau Toba

Huta Ginjang wisata terbaik menikmati Danau Toba

Sebelum Anda berpetualang di Kabupaten Toba, berkunjunglah ke tempat ini. Huta Ginjang merupakan sebuah kawasan wisata yang berada di atas ketinggian 1.550 mdpl, merupakan tempat wisata terbaik untuk menikmati panorama keindahan alam Danau Toba.

Berada di Kabupaten Tapanuli Utara dan hanya membutuhkan waktu 30 menit saja melalui bandar udara Silangit. Tempat ini sungguh memanjakan mata untuk memandang Danau Toba yang indah. Selain itu di sini juga sering di gunakan sebagi tempat olahraga Paralayang. Jika beruntung, Anda dapat menikmati atraksi Paralayang ini, atau ikut terbang bersama.

Bukit Doa Huta Ginjang

Bukit Doa Huta Ginjang

Lokasi yang masih berada di Huta Ginjang, Kecamatan Muara ini merupakan sebuah lokasi wisata yang selalu ramai di kunjungi pada akhir tahun. Tempatnya yang berada di atas ketinggian yang mengarah ke Danau Toba, menjadikan Bukit Doa ini menjadi pilihan tepat untuk wisata rohani. Tempat ini dibangun oleh Pendeta Abraham Hardyn Hutabarat, STh pada tahun 1996.

Bukit Singgolom

Pemandangan Danau Toba dari Bukit Singgolom

Bukit Singgolom memiliki keindahan panorama alam yang luar biasa, dengan pemandangan Danau Toba serta memiliki dataran yang luas dengan pepohonan yang ada di sekitarnya.

Di atas Bukit yang berada di Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir itu, pengunjung bisa memandang hamparan Danau Toba yang luas.

Lokasi ini tak jauh dari kota Balige, hanya di butuhkan 15 menit perjalanan saja. Pada awal tahun 2020 tempat ini menjadi lokasi kunjungan yang di singgahi oleh Raja Belanda Williem Alexander dan Ratu Maxima.

Desa Wisata Meat dan Pantai Pakkodian dengan Keindahan Danau Toba

Desa Meat Balige

Meat merupakan sebuah desa wisata yang berada di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. Perjalanan menuju desa ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dari kota Balige dengan melewati jalan berkelok dan mendaki serta hamparan tebing-tebing batu di sepanjang perjalanan.

Panorama alam Meat jika di lihat dari ketinggian Patapan Pakkodian, maka kita akan menyaksikan hamparan hijau yang di batasi perairan. Sawah-sawah tampak membentang indah.

Di desa ini kita juga akan menjumpai sebuah kampung Ulos, tepatnya di Desa Adata Ragi Hotang. Kita dapat melihat kelincahan jari-jari para partonun (orang yang menyulam) merangkai benang hingga menjadi kain Ulos.

Pantai Pakkodian seribu tenda
Kegiatan 100 Tenda di Pantai Pakkodian

Pantai Pakkodian yang merupakan bagian dari Danau Toba ini menjadi salah satu pusat kegiatan 1.000 tenda dengan pantai pasir putihnya yang indah serta jernihnya air Danau Toba yang menggoda kita untuk merasakan sentuhan airnya.

Bagi pecinta Camping mania, tempat ini merupakan lokasi terbaik yang ada di Kabupaten Toba. Suasana yang tenang serta hembusan angin dari bebalik pepohonan menambah keseruan liburan Anda di Pantai Pakkodian ini.

Museum Budaya dan Perjuangan TB Silalahi Center

Museum TB Silalahi Center

Museum TB Silalahi Center merupakan sebuah museum budaya dan perjuangan yang banyak memiliki koleksi mulai dari peradaban sejarah suku Batak hingga masa perjuangan Raja Sisingamangaraja.

Di dirikan oleh seorang tokoh militer dan mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara pada Kabinet Pembangunan VI yaitu Letjen TNI (Purn). Dr. (HC) Tiopan Bernhard Silalahi.

Taman Eden 100

Air Terjun di Taman Eden 100

Taman Eden 100 merupakan sebuah kawasan wisata hutan lindung yang termasuk salah satu dari situs Geopark Kaldera Toba. Kita akan dapat menjumpai Batuan dasar yang tersingkap pada dinding Kaldera Porsea berupa batu lumpur berumur sekitar 300 juta tahun (Permo-Karbon).

Berlokasi di Desa Sionggang Utara, Kabupaten Toba Samosir, sekitar 17 km dari Parapat. Taman Eden juga telah menjadi sarana pendidikan dan pelestarian ekosistem.

Kita seperti menemukan surga kecil ketika berada di sini. Beraneka tanaman tumbuh subur seperti pohon buah maupun kayu-kayuan. Terdapat pula air terjun yang beningnya mampu meneduhkan mata. Dan di tempat ini juga menjadi lokasi budidaya tanaman langka yang merupakan ciri khas dari suku Batak, yaitu Andaliman.

The Kaldera Nomadic Escape Toba

Pesona Alam Danau Toba

The Kaldera Nomadic Escape Toba merupakan sebuah lokasi wisata yang terbilang masih baru yang berlokasi di seputaran kawasan Danau Toba, tepatnya di Desa Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba.

Berdiri di atas lahan 386,7 hektar dan memiliki area camping ground dengan luas 2 hektar. Untuk menuju kemari hanya di butuhkan 30 menit perjalanan dari kota Parapat.

Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah ke Danau Toba, selain itu fasilitas yang ada disini juga kelihatan moderen dan nyaman untuk pengunjung.

Itulah beberapa destinasi wisata populer yang ada di sisi selatan Danau Toba yang kami rangkumkan. Jangan lupa untuk berkunjung kemari saat Anda liburan di Sumatera Utara.

Leave a Reply