Juma Lau Wisata Alam di Sibolangit

Juma Lau adalah sebuah wisata alam yang berada di kecamatan Sibolangit yang menawarkan glamping (glamourus camping) dan spot foto menarik. Selain itu disini juga pengunjung dapat menikmati segarnya bermain air di sungai yang airnya bersumber dari pegununungan.

Tempat wisata ini masih tergolong baru. Dibuka pada bulan Mei 2020 dengan mengusung konsep wisata alam. Terdapat beberapa penginapan dengan bentuk seperti rumah adat, dengan lapisan jerami-jerami sebagai atap dan dinding. Adapun fasilitas lainnya yang tersedia ada camping ground dan flying fox. Bagi pengunjung yang ingin bermalam disini dapat menyewa rumah ataupun tenda.

Setiap akhir pekan tempat ini ramai di kunjungi dan bagi Anda yang ingin merasakan suasana romantis, waktu terbaik datang kemari adalah di waktu sore hari. Jejeran lampu-lampu yang menghiasi tempat ini, menambah suasana keromantisan di tempat ini.

Nama Juma Lau sendiri diartikan sebagai Ladang Air, yang bermakna sebuah kawasan alam yang di dominasi oleh air. Di tempat ini pengunjung juga dapat merasakan suasana alam yang asri dan masih terjaga habitatnya dengan baik.

Juma Lau Wisata Alam di Sibolangit

Rute dan lokasi Wisata Alam Juma Lau

Objek wisata ini berada di Dusun Tangguren, Desa, Rumah Kinangkung SP, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Jarak tempuh untuk mencapai ke tempat ini memakan waktu 45 menit hingga satu jam perjalanan dari kota Medan.

Untuk memudahkan menuju kemari, pengunjung dapat menggunakan google map. Sebelum tiba dilokasi, kita akan menjumpai sebuah gapura selamat datang, kemudian melalui jalan yang telah di cor beton, dengan kunstur jalan yang menurun. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit atau sekitar 5 km untuk mencapai lokasi wisata ini.

Di sepanjang perjalanan menuju Juma Lau, kita akan melewati hutan-hutan disebelah kanan dan kiri serta terdapat beberapa jurang, sehingga disarakan agar berhati-hati dan tetap waspada. Tebing-tebing yang menjulang tinggi juga menjadi kewaspadaan selama perjalanan. Disarankan jika cuaca hujan ataupun musim penghujan, pengunjung untuk lebih extra berhati-hati ketika berkunjung kemari.

Tiket Masuk di Juma Lau

Untuk dapat memasuki tempat ini, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 20.000 per orangnya. Biaya parkir untuk satu mobil adalah Rp. 15.000 per kendaraan.

Fasilitas di Juma Lau

Fasilitas yang terdapat di tempat ini antara lain adalah Penginapan dengan dua pilihan, yaitu Glamping dan Tenda Camping. Selanjutnya terdapat juga restoran, pondok, toilet yang bersih, flying fox dan taman bunga mini.

Bagi Anda yang ingin bermain air dengan riak air yang ada di sungai, dapat menyewa ban yang disediakan oleh pengelola. Sungai yang ada disini cukup bersih dan aman untuk anak-anak. Karena masih tergolong tempat wisata baru, maka pengelola sangat menjaga kebersihan. Aturan bagi pengunjung untuk membawa makanan dari luar juga berlaku.

Tempat ini juga menyediakan lahan parkir yang luas serta sebuah masjid yang berada sekitar 20 meter dari pintu masuk ke tempat ini.

Masjid di Juma Lau

Harga Glamping dan Sewa Tenda di Juma Lau

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di tempat ini, pengelola mentarifkan harga sewa Glamping Rp. 350.000 per malam untuk 2 orang, dengan fasilitas yang ada berupa tv dengan matras sebagai alas tidurnya. Dan bila lebih dari 2 orang, Anda tak perlu kuatir, pengelola juga menyediakan extra bed dengan tarif Rp. 100.000.

Selain glamping, Anda juga dapat menyewa tenda camping dengan tarif Rp. 175.000 per orang untuk dewasa dan Rp. 75.000 per orang untuk anak-anak.

Selain itu jika Anda tidak menginap dan hanya membutuhkan glamping saja, Anda cukup membayar Rp. 200.000 saja untuk 3 jam pemakain.

Semua harga tersebut tidak berlaku pada saat high season seperti Idul Fitri, Natal dan hari-hari besar lainnya.

Sebelum meninggalkan tempat wisata ini, jangan lupa untuk berswa foto di sini, dengan taman bunga mini yang tersusun rapi serta pemandangan yang indah yang ada di tempat ini.

Leave a Reply